Tips Mendesain Interior Rumah Minimalis

Tips Mendesain Interior Rumah Minimalis

Rumah minimalis merupakan jenis rumah yang sedang trend saat ini. Rumah minimalis ini cocok untuk anda yang suka dengan seuatu yang simpel. Sesuai dengan namanya, rumah minimalis memiliki ukuran yang tidak besar dan ruangaannya yang terbatas. Namun, keterbatasan ukuran dan ruang tidak menjadi halangan untuk membuat tampilan interior rumah minimalis menjadi berkesan. Berikut ini beberapa tips yang dapat anda aplikasikan untuk mendesain interior rumah minimalis anda :

1. Tentukan Tema

Pemilihan tema akan membuat rumah anda menjadi terkonsep. Anda bisa menerapkan tema ini untuk keseluruhan rumah atau sebagian ruangan saja. Banyak tema yang dapat anda pilih, seperti monokrom,  tema warna, atau tema lain sesuai dengan imajinasi anda. Untuk menambah variasi, gunakan wallpaper dinding yang sesuai dengan tema yang anda pilih. Wallpaper ini bisa kalian pasang di beberapa bagian dinding rumah dan nantinya dipadukan dengan ornamen lain.

2. Gunakan Cat Dinding Berwarna Cerah

Interior rumah minimalis akan tampak lebih menarik apabila menggunakan cat berwarna cerah. Hal ini disebabkan karena warna cerah dapat menghidupkan suasana. Warna rumah cerah juga akan menambah semangat anda untuk memulai menjalankan aktivitas sehari-hari.

3. Pilihlah Furniture Yang Multifungsi

Dalam mengatur interior rumah minimalis, anda harus memilih furniture yang benar-benar diperlukan. Selain itu, akan lebih baik jika furniture yang anda pilih merupakan furniture multifungsi. Contohnya, meja yang disertai laci. Meja seperti ini memiliki dua fungsi sekaligus yang dapat anda manfaatkan dalam waktu bersamaan.

4. Pilih Furniture Yang Estetik

Dalam memilih furniture, anda juga harus memperhatikan nilai estetikanya. Furniture yang berbentuk unik dan indah akan mengurangi penggunaan hiasaan yang menambah penggunaan ruangan. Selain itu, pilihlah warna furniture yang senada dengan tema yang sudah ditentukan. Furniture dengan warna senada ini akan membuat rumah anda semakin terlihat rapi dan indah.

5. Kurangi Penggunaan Hiasan Tidak Penting

Untuk rumah minimalis, anda tidak perlu menggunakan hiasan yang berlebihan. Hal ini akan membuat rumah anda terlihat lebih sesak. Cukup hias rumah dengan memasang beberapa figura foto di dinding. Hiasan untuk rumah minimalis anda sudah dapat diwakilkan oleh walpaper dinding dan furniture estetik yang sudah anda pilih.

6. Maksimal Penggunaan Dinding

Luas rumah yang terbatas, membuat anda harus pintar dalam mengatur setiap ruang. Untuk mensiasati luas ruang yang terbatas, anda dapat meletakkan furniture dengan menempel pada dinding. Hal ini akan membuat rumah minimalis anda terkesan lebih luas.

7. Tanaman Hias Di Sudut Ruangan

Untuk menjaga sirkulasi udara dalam rumah, anda dapat meletakkan tanaman hias di sudut ruangan. Anda dapat menggunakan jenis tanaman seperti lidah buaya, azalea, lidah mertua, basil, ataupun anggrek. Selain dapat membantu membersihkan udara, tanaman-tanaman ini juga tidak memerlukan banyak ruang untuk tumbuh. Jadi, kalian cukup menaruhnya dalam pot kecil di sudut ruangan.

8. Perhatikan Sirkulasi Cahaya Dan Udara

Sirkulasi cahaya dan udara juga merupakan sesuatu yang penting untuk anda perhatikan. Pengaturan sirkulasi cahaya dapat anda lakukan dengan meilih lampu dengan warna cahaya terang. Sementara, untuk sirkulasi udara anda dapat membuat ventilasi pada dinding rumah. Anda juga bisa menggunakan jendela dengan ukuran yang sedang. Penggunaan jendela ini akan membantu sirkulasi cahaya sekaligus udara di rumah anda. Itulah tips untuk desain interior rumah minimalis. Memiliki rumah minimalis bukan berarti anda tidak dapat melakukan modifikasi. Semoga bermanfaat.

One thought on “Tips Mendesain Interior Rumah Minimalis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *